PROGRAM HOLISTIK PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN DESA

OPTIMALISASI POTENSI PETERNAKAN RUMINANSIA MELALUI PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN DAN PEMBENTUKAN KELOMPOK TERNAK DI DESA RANDEGAN KECAMATAN DAWARBLANDONG KABUPATEN MOJOKERTO

Oleh :

IHYA’ ULUMUDDIN(091810021-2018)
MUHAMMAD KHAFID MIFTAKHUL ROZAQ(091810032-2018)
DWI FAJAR OKTAVIANTO(091810044-2018)
MOHAMMAD HANIF(091810030-2018)
ERMAWATI SHOLEHA(091810017-2018)
DIDIN HARIYANTO(091810001-2018)
AHMAD ZAMRONI(091810011-2018)
HERU LESMANA(091810020-2018)
FITRIA DWI CAHYANI(091910035-2019)
MUHAMMAD NAILUL RIZKI(091910044-2019)

Sasaran program ini adalah masyarakat Desa Randegan Kecamatan Dawarblandong. Masyarakat di desa ini mayoritas adalah petani dengan usaha sampingan beternak sapi atau kambing. Kepemilikan rata-rata ternak per keluarga adalah 1-2 ekor sapi atau kambing. Dengan luas lahan pertanian di Desa Randegan yaitu 200 ha (monografi Desa Randegan) memiliki potensi limbah pertanian yang besar seperti limbah padi, jagung, daduk kangkung dan tebu.

Selama ini pengelolahan ternak di Desa Randegan belum optimal karena keterbatasan pengetahuan pemilik ternak tentang beternak ruminansia yang baik, juga masalah ketersediaan pakan yang terbatas karena selama ini pemilik ternak mencukupi kebutuhan ternak mereka dengan hanya merumput. Sehingga dengan melihat potensi dan permasalahan yang ada, sektor peternakan di Desa Randegan sangat potensial untuk dioptimalkan yaitu melalui pembentukan kelompok ternak ruminansia,  dan pengolahan limbah pertanian dan di Desa Randegan.     

METODE PELAKSANAAN KEGIATAN PHP2D

  1. Sosialisasi

Dilakukan oleh Tim pengusul dan pemangku Desa Randegan beserta tokoh Desa. Dalam sosialisasi ini dijelaskan tentang latar belakang dan tujuan dari Program PHP2D ini, serta tahapan-tahapan pelaksanaan program berikutnya. Pada kegiatan ini juga dilakukan pembentukan kelompok ternak yang di sampaikan langsung oleh Dinas Pertanian Mojokerto.

  • Workshop Budidaya Ternak Ruminansia

Kegiatan ini sebagai pembekalan pengetahuan masyarakat mengenai cara budidaya ternak ruminansia yang benar dan pencegahan penyakit. Pada kegiatan ini kami megundang pemateri yang sesuai bidang tersebut agar kefahaman dari peserta bisa maxsimal

  • Pelatihan Pengolahan Limbah Pertanian Menjadi Pakan

Pelatihan ini untuk memanfaatkan potensi yang ada yaitu melimpahnya limbah pertanian, limbah ini dimanfaatkan untuk pakan ternak rumiantsia yang bernutrisi dengan adaya sentuhan teknologi.

Dalam tahap ini dipraktekkan tentang cara mengolah limbah pertanian yang terdapat di Desa Randegan. Dengan mengaplikasikan teknologiberupa fermentasi, silase dan Amoniasi yang memiliki keunggulan mudah dalam pembuatannya, memiliki nutrisi yang cukup tinggi, mudah penyimpanannya, pembuatan bisa skala besar dan tahan lama. Pada kegiatan ini kami memfasilitasi peralatan penunjang seperti mesin chopper, drum fermetasi, terpal, cangkul Dll, agar bisa di praktekan dirumah masing-masing peternak.

  • Pelatihan Pengolahan Limbah Peternakan dan pembuatan MOL.

Pelatihan ini untuk mengolah limbah peternakan yang sangat berpotensi untuk di jadikan sebagai pupuk organik, karena setiap peternak mayoritas petani. Limbah yang di olah berupa kotoran dan urine mejadi pupuk organik padat dan cair yang diproses seperti fermentasi. Kami juga memfasilitasi beberapa peralatan penunjang untuk membuat pupuk orgaik.           

  • Pembentukan Kelompok Ternak

Pembentukan kelompok ternak di laksanakan saat sosialisasi karena adanya prosedur yang harus dilakukan sehingga memerlukan waktu, kelompok ternak terlegalkan saat kegiatan penutupan PHP2D yang disampaikan langsung oleh Dinas Pertanian Mojokerto. Pembentukan kelompok ternak bertujuan sebagai wadah berbagi informasi dan pengetahuan seputar ternak ruminansia. Sehingga harapan nantinya memicu meningkatnya peternak ruminansia di Desa Randengan. Dan akan dilakukan pendampingan oleh akademisi secara berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan program dan transfer ilmu ke peternak serta untuk memonitoring sejauh mana program yang telah dilaksanakan berdampak pada pada mereka.

  • Pendampingan program

Pendampingan ini dilakukan oleh tim PHP2D yang turun langsung ke kandang peternak, kegiatannya berupa mengulas pembuatan pakan, pupuk dan diskusi mengenai peternakan.

Scroll Up