Praktik kerja lapang (PKL), atau biasa disebut dengan   on-the-job training  adalah salah satu bentuk kegiatan yang bertempat di lingkungan kerja langsung. Di lingkungan fakultas peternakan PKL bisa dilakukan oleh mahasiswa semester 5. PKL merupakan implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

PKL merupakan salah-satu kegiatan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, yang tercermin dalam pendidikan nasional berbasis Pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan ketrampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara dalam peningkatan ekonomi dan kehidupan yang makmur.

Adapun tujuan diadakan pelaksanakan PKL antara lain:

  1. Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha
  2. Menumbuhkan & meningkatkan sikap profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia usaha
  3. Meningkatkan daya kreasi dan produktivitas tehadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya
  4. Meluaskan wawasan dan Pandangan Siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana Siswa melaksanakan PKL

Manfaat PKL Bagi Mahasiswa di antaranya adalah :

  1. Memaksimalkan potensi mahasiswa
  2. Membangun Hubungan yang baik dengan instansi penyelenggara
  3. Mahasiswa bisa langsung mendapatkan pekerjaan
Kategori: Mahasiswa

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up