FAKULTAS PETERNAKAN

PROGRAM STUDI PETERNAKAN – Akreditasi B : No.SK BAN PT. 0896/SK/BAN-PT/Akred/S1/2016

PROFIL FAKULTAS

Universitas Islam Lamongan (UNISLA) adalah salah satu perguruan tinggi swasta dibawah koordinasi Kopertis Wilayah VII yang diselenggarakan oleh Yayasan Pembina Pendidikan Tinggi Islam ”Sunan Giri” Lamongan.  Badan Hukum yayasan ini didirikan tanggal 10 Januari 1986  di Lamongan dengan Akta Notaris Rochayah Hanum, S.H., Nomor: 05 dan dirubah dengan Akta tanggal 9 Januari 2004 Nomor 1, dibuat dihadapan Hendy Asmara, SH., Notaris Lamongan. Selain itu UNISLA telah terdaftar di Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada tanggal 2 Mei 2011 Nomor AHU-AH.01.08-291 dan termuat dalam Berita Negara RI Tahun 2011 Nomor 145, Tambahan Berita Negara RI Tanggal 12 Agustus 2011 Nomor 62.

Keberadaan UNISLA berawal dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT). Namun demikian dengan perkembangan keilmuan dan tuntutan kebutuhan masyarakat Lamongan akan berbagai program studi pendidikan tinggi maka pada bulan September 1999 Yayasan Pembina Pendidikan Tinggi Islam ”Sunan Giri” Lamongan mendirikan perguruan tinggi umum dengan nama UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN disingkat UNISLA yang beroperasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tanggal 10 Agustus 2000 Nomor 146/D/0/2000 JO 120/D/2003 dengan tanggal 5 Agustus 2003, yang kemudian perpanjangan ijin penyelenggara oleh DIKTI No:727/D/T/2006. Sejalan dengan berdirinya UNISLA, maka  beroperasional sejumlah ada 6 (enam) fakultas dan 9 program studi  termasuk Program Studi (Prodi) Peternakan  berjalan dengan baik.

Berkaitan dengan proses penyusunan visi dan misi, Prodi senantiasa melibatkan unsur stakeholder diantaranya Dekan, Pembantu Dekan, Kaprodi serta, dosen, mahasiswa, dengan memperhatikan saran dari masyarakat serta pengguna lulusan.

Hasil draft visi dan misi dikonsultasikan dan dilaporkan kepada Senat Universitas yang dihadiri semua unsur pimpinan fakultas, universitas dan yayasan sehingga berhasil dirumuskan visi dan misi fakultas, dan visi dan misi program studi (Prodi) yang ada di Fakultas Peternakan (Fapet). Draft visi misi ini dikonsultasikan ke pihak universitas guna untuk menselaraskan antara visi misi Prodi  dengan fakultas dan universitas. Selain itu juga untuk mendapatkan revisi dan penyempurnaan yang pada akhirnya adanya finalisasi visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Produksi Ternak  Universitas Islam Lamongan yang baku.